My Blog Archive

Saturday, January 24, 2009

BUDIDAYA GINSENG KOREA ( RED GINSENG )




Setahun terakhir ini aku juga punya hobi baru yang pada akhirnya menjadi kegiatan rutin namun tidak terlalu menyita waktu.
Mau tahu apa itu ?
Jawabannya Budidaya “Red Ginseng” atau biasa juga disebut “Ginseng Korea”.
Sebenarnya sih ini Cuma hasil dari salah satu pelatihan yang pernah kuikuti taon yang dilaksanakan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) P2KP (sekarang PNPM-Mandiri Perkotaan) di Kota Tomohon.
Waktu itu sih iseng aja untuk sekedar nyoba, eh… ternyata hasilnya bagus juga.
Selama ini akar ginseng yang udah dipanen biasanya dipasarkan disini untuk digunakan sebagai campuran pada miras sejenis Tuak (disini namanya CAP TIKUS). ‘gak tau sih kenapa namanya seperti itu tapi yang jelas nama itu udah ada sejak ratusan taon lalu. Tuak ini juga adalah hasil industri rumah tangga di wilayah aku.
Biasanya Akar Ginseng ini ditaruh di dalam botol lalu tuaknya dituangkan ke dalam botol lalu disimpan dulu. Dan biasanya k’lo disimpannya agak lama, maka nikmatnya juga akan semakin terasa. Yang penting jangan minum terlalu banyak.

Menurut info yang gue tau sih Ginseng Korea atau Red Ginseng itu kualitasnya yang terbaik diantara semua jenis ginseng. Ini nih beberapa manfaat dari Ginseng Korea (Red Ginseng) :
1. Meningkatkan stamina
2. Mengurangi kelelahan
3. Memperbaiki kondisi mental
4. Meningkatkan pengeluaran cairan tubuh
5. Mencegah iritasi
6. Mencegah diabetes
7. Menguatkan sistem pencernaan
8. Mengeluarkan racun

Selain akarnya yang punya banyak manfaat, kita juga bias mengkonsumsi Daun Ginseng sebagai sayuran. Selain itu buah Ginseng Korea ini juga bias dibikin Juice koq. Rasanya manis, apalagi k’lo diminum saat suasana panas trus dicampur es….. Pokoknya enak banget deh. Buahnya boleh juga dicampur dengan Air Nira atau Saguer (air yang diambil dari pohon Enau).

Keuntungannya juga disini aku bersama rekan-rekan yang tergabung di kelompok pembudidaya Red Ginseng sekarang udah mulai memasarkan bibit tanaman ini. Lumayan deh ….
Siapa tau ada perusahaan atau perorangan yang pengen kerjasama di bidang ini boleh koq hubungi kami. Tapi memang untuk sementara stock kami masih terbatas.

Semoga tulisan ini bias bermanfaat.

14 comments:

  1. Met sore mas, saya juga punya tanaman katanya sih ginseng/kolesom jawa. Bentuk daun dan buahnya sangat berbeda. Boleh gak saya minta dikirimi benihnya?? Terimakasih..

    Djoko Pramono
    Jln.Griya Kusuma Indah C/12 Muktiharjo
    Pati. 59163
    HP 081914451770

    ReplyDelete
  2. Untuk benih kami jual Rp.500.000/paket.
    Untuk info selanjutnya hub. 085240007405.
    Trim's

    ReplyDelete
  3. Met siang, nanya dikit nih mas untuk satu paket ada berapa jumlah biji ginseng? berbunga umur berapa dan pada foto itu ginseng yang dipanen umur berapa? thanks ya...

    ReplyDelete
  4. asalam.

    mas. per paket brapa banyak benih yang dadapat.dalam ukuran luas atau batang yang dadapat. thanks mas.
    by juliardi/081363031241

    ReplyDelete
  5. Maaf baru dibalas nih.
    Untuk 1 pkt jumlahnya ada ratusan biji bibit ginseng yang diambil dari buahnya.
    Proses mulai tanam sampai berbuah rata-rata 4 bulan. tapi ada juga 3 bulan sudah berbuah ataupun 6 bulan (tergantung struktur tanah & iklim yg ada di tempat sdr).
    Klo yg difoto tsb sudah 6 bulan sejak tanam, buahnya sdh berwarna merah kehitaman sekitar 90%.

    ReplyDelete
  6. Mas aku ada ginseng red bibit lokal..
    Aku mau jual siapa tau mas ada yang mau beli/penampungnya.hub: 085669690079 ( apri)

    ReplyDelete
  7. dah adakah perusahaan jamu/obat yang sudah berhubungan bisnis dg mas? kalo kita mau pesen benih secara paket kemudian dibudidayakan, masarinnya gimana?

    ReplyDelete
  8. mas, boleh minta nomor kontaknya nggak, apa bisa dikirim bibitnya ke daerah saya? ni lagi susah cari bibitnya disini. syukur-syukur kalau mas mau menerima kerjasama baik ini. tolong kirim saja kontak mas yang bisa dihubungi lewat email saya: rifzymotyc@ymail.com. makasih n saya tunggu balasan mas.

    ReplyDelete
  9. benar nih gambar itu ginseng merah, itu ginseng asli negara mana nih

    ReplyDelete
  10. Met malam mas...
    saya mau nanya, dalam satu paket isinya ratusan bibit biji ginseng. Tepatnya berapa ratus dan kira2 berapa beratnya. thanks infonya

    ReplyDelete
  11. Buat rekan2 yg kasi komen diatas, silahkan buka juga tulisan saya mengenai "Budidaya Red Ginseng Part 2", edisi Juli 2010. Silahkan lihat disitu lebih jelas trus nanti klo kasi komentar disitu aja yach.... terima kasih.

    ReplyDelete
  12. klo beli, brapaan red ginsengxa?

    ReplyDelete
  13. kalo saya di smg ada biaya transfer juga gak atau mesti ke situ mas ? untuk dapetin benih korea

    ReplyDelete
  14. Berlaku Promo bulan Desember 2015 semua pesanan tanpa ongkos kirim (selama persediaan masih ada). Smskan Alamat Lengkap dan Jumlah Transferan anda ( Harus Rp. 500.000 + 3 angka unik dibelakangnya. mis 500257 ) ke 0823 9771 7574. Biasanya paling lambat 3 hari paket sudah tiba di tujuan via Tiki.
    Terima Kasih

    ReplyDelete

Popular Posting